Hanifah Puji Lestari - Postingan Pertemuan 13

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pada kali ini, Aplikasi yang akan kita buat menggunakan Netbeans IDE ini cukup sederhana, fungsinya untuk mendapatkan input berupa pesan lalu menampilkan hasil pesannya.
kedua, melakukan proses cetak seperti penjumlahan sederhana menggunkan button
sesuai dengan rumus atau source code yang kita atur nanti.


Project ini menggunakan Class JFrame untuk menampung Layout dan Source Code Java yang nantinya akan di kompilasi/build menjadi file berekstensi .jar.

Pertama, tahap Pembuatan Aplikasi GUI cetak kata :

1) Buka aplikasi NETBEANS dan buatlah new project dengan pilih Categories JAVA > JAVA APPLICATION.


2)  Beri nama Project tersebut dan hilangkan ceklis pada Create Main Class karena kita akan menggunakan Class JFrame. lalu klik Finish.
Nama project sesuai dengan yang akan kita gunakan, disini saya menggunakan nama project "HanifahPujiLestari_Pertemuan13"


3) Selanjutnya adalah membuat PACKAGE.
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.

Package juga mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas-kelas di dalamnya.


Klik nama project lalu pada Source Packages klik kanan, buatlah NEW PACKAGE dengan nama yang akan digunakan. disini saya menggunakan nama "Latihan1"


4) Buat Class JFrame dengan cara, Klik kanan pada <Latihan1> setetalh itu pilih New > JFrame Form.


lalu buat nama class sesuai dengan program, contoh "Cetak_Kata"


5) Untuk membuat UI nya, drag menu "Panel" kedalam form kosong pada desain.



6) Sesuaikan besar panel dengan layar UI tersedia, klik kanan lalu pilih properties > background untuk memilih warna latar belakang panel.



7) Selanjutnya ikuti langkah berikut :
  • Drag menu "Label" kedalam form desain
  • Drag menu "TextField" kedalam form desain, bersebelahan dengan label
  • Masukan juga menu "TextArea" kedalam form desain (perhatikan gambar)
  • Ubah Label 1 menjadi Nama 
  • Ubah Label 2 menjadi Pesan dengan cara klik kanan lalu edit text. 
belum diubah:


setelah diubah:

8) Ubahlah nama variable pada masing komponen menjadi seperti ini :
  • JTextField menjadi namaTextField_hanifah
  • JTextArea menjadi pesanTextArea_hanifah
  • JTextPane menjadi cetak_kataTextPane_hanifah

9) Masukkan/Drag kembali menu "Button" kedalam desain, lalu tambahkan label dibawahnya diikuti dengan text pane, buat seperti gambar dibawah ini



10) Agar Tombol tersebut bisa di eksekusi, Klik kanan pada Tombol Button > Events > Action > actionPerformed, fungsinya agar saat kita mengklik tombol tersebut, maka akan terjadi sesuatu.Pada menu button tadi, Klik sampai tampil  lokasi source code.

Ketikan perintah berikut :
String nama = (NamaTextField.getText());
String pesan = (PesanTextArea.getText());
Cetak_KataTextPane.setText("Nama Saya "+nama+" dan saya membuat pesan"+pesan);

seperti contoh



11) Klik kanan pada class "Cetak_Kata" lalu pilih "RUN FILE" untuk menguji program CETAK KATA yang telah dibuat.

Hasil Runningnya akan seperti ini, lalu masukan nama dan pesan yang akan ditampilkan.
:






Kedua, tahap Pembuatan Aplikasi GUI cetak proses :


Selanjutnya yaitu membuat CETAK_PROSES. yaitu merupakan program latihan sederhana menggunakan beberapa Jbutton.

1) Buat Class JFrame dengan cara, Klik kanan pada <Latihan1> setelah itu pilih New > JFrame Form.
Namakan class dengan "Cetak_Proses"

2. Buatlah desain seperti gambar dibawah ini :



3) Buka bagian Source code dan ubah komponen variabel seperti berikut pada bagian

public class Cetak_Proses extends javax.swing.JFrame {
String angka_Hanifah;
double jumlah, angka1, angka2;
int pilih;

perhatikan contoh gambar 

4) Kembali pada layar desain, ubah variabel pada jtextfield menjadi "display"



5) Klik menu actionPerformed untuk menuju source code menu menu button.
Berilah Source code pada setiap button!

Button Angka 1:
angka_Hanifah += "1";
display.setText(angka_Hanifah); 

Button Angka 2 :
angka_Hanifah += "1";
display.setText(angka_Hanifah);

Button Tambah:
angka1=Double.parseDouble(angka_Hanifah);
display.setText("+");
angka_Hanifah="";
pilih=1;

contoh Button Angka 1 dan Angka 2


6) Tambahkan button baru untuk HASIL. Masukan Source code sbb :

Button HASIL : 
switch(pilih){ case 1: angka2 = Double.parseDouble(angka_Hanifah);
jumlah = angka1 + angka2;
angka_Hanifah = Double.toString(jumlah);
display.setText(angka_Hanifah);
break;
default:

seperti berikut


7) Terakhir adalah menambahkan Source Code pada konstuktor,
Konstruktor/Constructor ialah sebuah method yang namanya sama persis dengan nama class-nya. Constructor sendiri berfungsi untuk memberikan nilai awal pada sebuah class ketika class tersebut dibuat dalam bentuk objek pada class lain. Constructor bisa memiliki parameter bisa juga tidak. 


Source Code Constructor
angka ="";
Dimension screenSize = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
Dimension frameSize = getSize();
setLocation((screenSize.width - frameSize.width) / 3,(screenSize.height – frameSize.height) / 4);


8) Lalu tes program, Jalankan Program tersebut dengan tekan tombol F6 atau tekan tombol run file.

Hasilnya akan seperti ini untuk Cetak Proses :




Jika kita klik button angka 1 lalu button tambah dan dilanjutkan klik button angka 2, maka kita akan mengetahui hasilnya dengan klik Button HASIL.
Seperti itu adalah contoh proses cetak sederhananya.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian tutorial dari saya, mengenai pembuatan aplikasi GUI sederhana menggunakan java Netbeans, mohon dikoreksi jika banyak kekeliruan. Sekian

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.





Nama : Hanifah Puji Lestari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skema Jaringan Komputer Dengan Core Layer, Distribution Layer, Access Layer (Model Jaringan Hirarki)

Hanifah Puji Lestari Postingan Pertemuan 16-18